18 Oktober 2009

AKTUIL (LEGEND OF ZINE)



Aktuil adalah nama majalah musik yang terbit pertama kali pada 8 Juni 1967 di Bandung. Berdirinya majalah ini bermula dari ide Denny Sabri Gandanegara, kontributor majalah Discorina, Yogyakarta. putra pertama Sabri Gandanegara, wakil gubernur Jawa Barat periode 1966 - 1974. Dia lalu bertemu Bob Avianto, seorang penulis lepas masalah-masalah perfilman. Dari obrolan ringan, mereka sampai pada perbincangan intens dan serius untuk membuat majalah hiburan. Avianto menemui Toto Rahardjo, pemimpin kelompok musik dan tari Viatikara. Gayung bersambut. Di rumah Syamsudin -publik musik mengenalnya pemusik Sam Bimbo- mereka mencapai kata sepakat dan mengusulkan Aktuil sebagai nama majalah. Asal kata Aktuil diambil dari nama majalah luar negeri Actueel adalah majalah musik terbitan Belanda.
Tahun 1970-1975 merupakan masa keemasannya saat Aktuil jadi bacaan wajib anak muda di Indonesia. Lebih-lebih setelah seniman Remy Sylado menyuntikkan eksperimen sastra mbeling dalam bentuk cerita bersambung Orexas. Cerita ini sekaligus menegaskan Aktuil sebagai majalah anak muda. Orexas sendiri bukan dewa atau ksatria dari mitos Yunani, melainkan kependekan dari "organisasi sex bebas." Pemeo belum jadi anak muda kalau belum membaca Aktuil, bukanlah sesuatu yang berlebihan. Bahkan, majalah ini masih dianggap "kitab suci", khususnya oleh para rock mania yang besar di tahun 1970-an.
Meski majalah ini lebih tertarik menulis berita musik rock, namun untuk urusan informasi musik, majalah ini jadi urutan pertama, makanya diberi predikat tersebut. Kesuksesannya lantas membuat majalah ini sering dianggap majalah musik pertama di Indonesia. Padahal, kenyataannya sepuluh tahun sebelum kelahiran Aktuil, majalah musik Musika terbit. Enam tahun setelahnya, majalah musik Discorrina menyusul merambah pasaran. Namun, nasib "buruk" merekalah yang membedakan dengan Aktuil.
Pada tahun 1970-an, majalah ini tercatat membuka jaringan kantor perwakilan dan korespondennya di luar negeri (Hamburg, Munich, Berlin, Swedia, Stockholm, Ottawa, Tokyo, Hong Kong, Kowloon, New York). Pada tahun 1975, Aktuil juga mengejutkan publik Indonesia dengan mengundang kelompok musik Deep Purple untuk berpentas di Indonesia. Saat itu, pentas-pentas musik, apalagi dengan pemain musik dari luar negeri, masih jarang terjadi.
Sayang sekali, mulai tahun 1976, pamor Aktuil mulai merosot--setidaknya kalau dilihat dari segi penjualan. Ketika tahun 1979 majalah ini dipindah ke Jakarta-pun, nasibnya tidak malah jadi lebih baik. Malah, majalah ini sempat jadi majalah umum sebelum akhirnya benar-benar mati pada tahun 1986.
Denny Sabri terus berkiprah sampai achir hayatnya, setelah berhentinya majalah aktuil Denny menjadi Talent Scouter, artis yang diorbitkan diantaranya Nike Ardilla, Nicky Astria, Meriam Bellina, Inka Christy, Nafa Urbach.



Selama lebih kurang 10 tahun keberadaan majalah Aktuil (1967-1978) dengan 254 nomor menurut saya bukanlah jangka waktu yang pendek dibandingkan dengan majalah-majalah musik yang pernah ada di Indonesia, kalau majalah ini dibundel, 1 bundel ada 10 majalah maka jumlah bundel ada 25 dan apabila setiap bundel punya ketebalan 4 cm, jika ditumpuk tingginya mencapai 1 meter dengan jumlah majalah yang sebanyak itu sungguh banyak pula informasi yang sifatnya menghibur telah kita dapatkan dari rubrik-rubrik, artikel-artikel, foto-foto dan lain-lainnya yang ada didalamnya selama eksistensinya dan tentu sedikit banyaknya ada pengaruh juga dalam kehidupan pembacanya yang  setia dari semenjak mereka remaja sampai dewasa, sampai berakhirnya Aktuil.
Ada beberapa edisi Aktuil yang sangat menarik perhatian saya baik cover fotonya maupun isi majalah yang juga tertera disampulnya. Majalah-majalah ini saya ‘frame’ sebagai memorabila karena sudah sangat langka dan antik usianya sudah lebih 30 tahun.
Dibawah ini adalah edisi-edisi Aktuil yang saya anggap artistik dan ‘suitable for framing’ dengan tidak menyebutkan isi masing-masing majalah secara lengkap karena akan menyebabkan artikel ini sangat panjang jadinya cuma ada 2 edisi yaitu edisi No.81 dan 102 yang mewakili bagaimana beragamnya isi majalah tersebut adapun ke 10 majalah Aktuil as memorabila  adalah :
1. No. 74 sampul dengan foto Rollies tanpa Deddy Sutansyah foto oleh ? cover belakang si ’Walalang Kekek’ Waljinah. 
2. No. 81 sampul dengan foto Emilia Contesa menjulurkan lidahnya, mirip Denada sampul belakang foto The Rollies dengan artikel-artikel sbb :
Pertarungan satu panggung antar Mungo Jerry (Inggris) dengan ke dua rivalnya top group dari Belanda Shockin’ Blue dan Golden Earring bertempat di Ernst Merck Halle Hamburg 10 Djuli 1971 disaksikan kira-kira 3.000 penonton, The Bells – hits Stay Awhile, Bantahan Boetje Peels, Stop disini halaman 13(  foto Funkadelic, Toe Fat dan Caravan ), Wawancara dengan Panbers soal tantang menantang, Close Up, Album lagu-lagu Aktuil, Foto Dara Puspita di Meppel Delfzijl, Omong-omong dengan Fuad top drummer kita? Underground apa itu?, Foto The Rolling Stones, The Sweet, Lily Ho, dan Tris, Cerita Remaja : Maafkan Aku Anakku oleh Seagull, artikel Alain Delon, One Night in Semarang (Emil, Rosa,Lily, New Fannys dan New Rhapsodia), Round The World, Mic&Mac fashion show, Aktuil scope.No. 81-aNo. 74
3. No. 84 sampul dengan foto Gypsy  latar belakang poster psychedelic, alm. Chrisye in black, I really love his songs,  foto oleh ???84
 4. No.102 sampul dengan foto Ida Royani, terlihat jelas bekas cacar di bahunya, foto oleh Zan Zappha. Sampul belakang foto agak psychedelic dari Atomic Rooster dengan artikel-artikel sbb:No. 102-a
Heavy Rock Session-Gelora 10 Nop Surabaya tgl 8 Juli 1972 AKA & Rollies, Sepintas bertemu dengan ‘King of Soul’ James Brown oleh Nendy Ano, Mengenal lebih dekat penyanyi new comer Indriasari d/h Chayatun Nufus, Film Scene, Group cewek dari Medan Dara Nada, Teen News (ada beberapa), New Disco (single & album PH baru yang dirilis), Cerpen: Siapa Kapten Siapa Kapal oleh Sutardji Calzoum Bachri, Shockin’ Blue akan show tgl 26-27 Djuli di Taman Ria Jakarta tgl 28 di Taman Remaja Surabaya dan tgl 30 di Medan, artikel Grateful Dead, National Rock/Folk Contest, artikel group Vinegar Joe dengan penyanyi wanita Elkie Brooks, America trio penyebar musik-musik manis dari Amerika, foto Carlos Santana, artikel Wiwik Abidin, Blue Diamond, Komidi Aktuil, Marianne Rosenberg dan Ulli Martin pop singer Jerman, Memori-memori Dara Puspita sambungan Aktuil No.101, Iklan Levi’s 72, Wawancara dengan tokoh baru musik : Don Mclean, Koes Plus dan Panbers show bersama 24 Juni 72 di Istora, Iklan Prambors, Close-Up, Aktuil Aktion dengan foto Black Sabbath dan Julie Christie,  Atomic Rooster formasi baru Chris Farlowe ternyata tidak cocok buat Atroo, Inneke Kusumawati oleh Iphiex-Jogja, Disini dikubur dengan tenang bekas pacar kami lagu-lagu tong sampah artikel oleh Sexy Chuap, Indo Pop, Pop Quiz, Sahabat Pena. Di cover majalah ini juga ditampilkan bermacam-macam jenis huruf.
5. No. 122 sampul dengan foto Poppy Dharsono model yang cantik dan sexy, sebelum jadi designer dan pengusaha foto oleh Tony Marthenas.No. 122-a6. No. 131 sampul dengan foto Camelia Malik sebelum jadi ‘Queen of Dangdut’ yang senyumnya paling menawan foto oleh Goenadi Haryanto.No. 131-a
7. No. 137 sampul dengan foto Annie Rae in ‘you can see her armpit’ foto oleh Zan Zappha.No. 137-a
8. No. 146 sampul dengan foto Ucok dengan Treesje Suta yang kelihatan harmonis entah bagaimana kesudahannya foto oleh Sondang PN.No. 146-a
9. No. 157 sampul dengan foto Titiek Puspa yang masih montok, belum jadi nenek foto oleh Goenadi Haryanto.No. 157-a10. No.224 sampul dengan foto Sylvia Saartje, first lady rocker foto oleh Bachrum Navis.




No. 224 A

0 komentar:

Posting Komentar

SAHABAT ROCKERS © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute